5 Cara Menjaga Imun Tubuh untuk Cegah Virus Covid-19

Untuk melindungi diri dari paparan virus covid-19, masyarakat dunia telah banyak menjalankan langkah pencegahan infeksi virus covid-19 salah satunya dengan berdiam diri di rumah, menjaga jarak dari orang lain, hingga rajin mencuci tangan. Selain langkah pencegahan utama ini, satu hal lagi yang krusial untuk dilakukan adalah menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Meskipun terlihat sepele, imun tubuh perlu diperhatikan untuk mencegah bahaya virus covid-19 yang mungkin menyerang tubuh Anda. Berikut adalah beberapa cara menjaga imun tubuh dari virus covid-19 yang dapat Anda lakukan di rumah:

1. Cukup tidur

Tidur memiliki hubungan yang sangat erat dengan sistem imun. Tidur yang cukup menjadi salah satu cara agar regulasi sistem imun tetap terjaga. Sebaliknya, kurang tidur akan menurunkan sistem imun. Kurang tidur bisa membuat seseorang rentan terinfeksi pathogen. Selain itu, tubuh juga melepaskan sejenis protein yang disebut sitokin hanya saat kita tidur. Sitokin berperan penting dalam sistem imun manusia. Untuk memenuhi kebutuhan tidur Anda, orang dewasa perlu mencukupkan tidur minimal 7-9 jam dalam satu hari. (www.sleepfoundation.org)

2. Konsumsi makanan sehat

Menghabiskan waktu di rumah akan lebih memudahkan Anda untuk mengonsumsi makanan sehat. Sistem imun yang sehat juga akan memerlukan nutrisi dari makanan bernutrisi. Ada banyak nutrisi yang penting untuk tubuh, mulai dari vitamin, mineral, hingga antioksidan. Perbanyak makan buah dan sayuran, seperti alpukat, buah-buahan beri, wortel, tomat, hingga jeruk yang mudah dicari.

3. Konsumsi multivitamin

Konsumsi multivitamin mungkin diperlukan jika Anda merasa tak sanggup mendapatkan nutrisi dari makanan sehat. Mengonsumsi multivitamin juga bisa memperkuat daya tahan tubuh Anda. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen tertentu, untuk menghindari risiko efek sampingnya.

4. Berjemur di bawah sinar matahari

Anda telah banyak mendengar anjuran untuk berjemur sebentar di bawah sinar matahari. Sinar matahari disebutkan dapat memberi energi salah satu sel imun, yakni sel T. Berjemur sebentar pun bisa membantu mood Anda lebih baik. Pagi hari sebelum jam 10 selama 15 menit menjadi waktu yang berpotensi paling baik untuk berjemur di bawah sinar matahari.

5. Olahraga di rumah

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa latihan yang cukup (tak berlebihan) membantu proses regenerasi sel imun, serta mengurangi peradangan di tubuh. Latihan fisik tak perlu berlebihan dan harus disesuaikan dengan kemampuan diri. Tidak menjadi masalah jika dalam kondisi persiapan new normal ini kamu tidak bisa pergi ke gym atau pusat kebugaran, kamu tetap dapat menciptakan hari yang sehat dengan latihan di rumah aja menggunakan Treadmill dan Sepeda Statis dari Newton.

Penasaran? Pesan sekarang karena Quota terbatas!
Print bebas repot ya cuma di Newton Teknologi

Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami di 087888090900 atau website www.newton.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
WhatsApp WhatsApp us