Sayangi Bumi, Beginilah Cara Menghemat Kertas di Kantor

Pemerintah telah menerapkan sejumlah program untuk menanggulangi sampah kertas. Meskipun kertas berasal dari sumber daya alam yang dapat diperbarui. Tapi, daripada kita menghasilkan sampah, lebih baik kita menghemat penggunaan kertas apalagi saat ini kita memasuki era paperless.

Dari 15 rim kertas ukuran A4 di dapatkan dari sekitar 1 pohon yang ditebang. Setiap hari ada berapa juta lembar kertas yang dipakai oleh penduduk bumi. Dan untuk memenuhi kebutuhan kertas itu, ada jutaan pohon yang ditebang. Padahal sekitar 70% bahan baku kertas adalah menggunakan kayu dari hutan.

Bisa dibilang saat ini kertas sudah menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat urban. Apalagi kita terbiasa menggunakan kertas dengan cara yang boros. Tapi tanpa kita sadari bahwa pada saat yang bersamaan hutan alam kita habis ditebang diantaranya untuk memenuhi kebutuhan kertas. Sehingga semakin kita berlaku boros dalam menggunakan kertas, tanpa kita sadari kita telah ikut serta menyumbang kerusakan hutan kita. Demikian juga sebaliknya, saat kita hemat kertas, puluhan bahkan jutaan pohon dapat terselamatkan. Ribuan hektar hutan terselamatkan.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi penggunaan kertas agar bisa menyelamatkan hutan kita? Berikut cara menghemat kertas di tempat kerja Anda yang bisa kita lakukan, menurut Komunitas Greenlifestyle :

  • Sebisa mungkin hindari mencetak dokumen yang tidak penting terlalu banyak.
  • Gunakan/cetak kertas bolak-balik. Tindakan ini bisa menghemat penggunaan kertas hingga 50%.
  • Saat akan mencetak dokumen, gunakan menu “print 2 pages per sheet”. Artinya, 2 halaman dicetak jadi 1 halaman. Hurufnya memang jadi lebih kecil, tapi masih nyaman untuk dibaca.
  • Kirimlah draft dokumen (masih perlu diedit ulang) melalui surat elektronik dan hindari pencetakan salinan draft dokumen yang tidak perlu.
  • Atau tempelkan draft dokumen pada papan pengumuman untuk digunakan bersama-sama. Ini lebih baik daripada mendistribusikan begitu banyak salinan dokumen.
  • Kumpulkan kertas yang satu sisinya masih kosong. Pakai ulang kertas (reuse) untuk mencetak atau fotokopi dokumen.
  • Atau pakai ulang kertas tersebut sebagai kertas fax.
  • Hindari penggunaan fax sheet cover, yang seringkali memakan hampir satu halaman penuh.
  • Amplop bekas yang masih rapi, bisa digunakan ulang. Bagian nama penerima & pengirim bisa ditiban dengan stiker atau kertas kosong. Tetap terlihat sopan kok.
  • Belilah printer dan mesin fotokopi yang mampu mencetak pada kedua sisi kertas secara otomatis. Dan pastikan setiap orang paham cara penggunaannya.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat penggunaan kertas. Apa Anda ada pendapat lain soal ini? Yuk coba share cerita penghematan kertas di kantor mu disini.

Dan buat Anda yang sedang mencari PRINTER bebas dari paper jam dan kebocoran tinta, bisa hubungi Print Consultant kami atau ingin CHECK UP secara GRATIS printer dikantor Anda tanpa di pungut biaya apapun?? Daftarkan segera kantor Anda hanya dengan mengisi form di link berikut :

https://www.newton.co.id/printer-check-up/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
WhatsApp WhatsApp us