Sebagai enterepreneur Kamu harus tahu marketing mix atau 7P, sebagai strategi penjualan jasa Anda.

Menjalani usaha bidang jasa memang memiliki tantangan tersendiri, pasti Anda pun sudah merasakan perbedaan antara menjual barang/ produk saja, dengan menjual jasa juga. Seperti bisnis toko emas, selain menjual produk kalung emas, cincin emas, biasanya juga menyediakan jasa cuci emas.

Namun jangan sampai perbedaan itu membuat Anda merasa mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnis jasa. Dengan menerapkan strategi penjualan jasa (Marketing Mix) atau bauran pemasaran, bisa membantu bisnis jasa Anda semakin berkembang.

Apa itu marketing mix?

Marketing mix adalah strategi mencampur kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil yang paling memuaskan (Buchari Alma, 2007:130)

 

Perbedaan marketing mix pada produk dan jasa

Marketing Mix Produk (4P)Marketing Mix Jasa (7P)
Product

Price

Place

Promotion

Product
Price
Place
Promotion
People
Process
Physical Evidence

 

Apa saja Marketing Mix pada jasa (7P)?

 

Product: Menentukan jenis produk dan jasa yang diinginkan, mengetahui tentang produk lebih detail, merencanakan pengembangan pada produk dan jasa.

Price: Menentukan strategi harga sangat berpengaruh pada target pasar, selain itu harga juga harus disesuaikan dengan pelayanan jasa yang disediakan dan seberapa bermanfaat bagi konsumen.

Place: Tempat disini mengartikan pendistribusian, memilih dan mengelola  pendistribusian barang atau jasa sesuai dengan target pasar.

Promotion: Menurut  (Simamora, 2003:285). Promosi adalah segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang–orang tentang produk atau jasa yang dihasilkan organisasi, individu, atau pun rumah tangga.

Promosi yang dapat Kamu lakukan bermacam-macam bergantung pada tujuan, misalnya produk/jasa Kamu masih dalam tahap pengenalan atau awareness, bentuk promosi yang dilakukan bisa melalui iklan di TV, media cetak, media online dan bahkan bisa juga melalui pembagian sample, demo atau free trial.

People: People disini adalah sumber daya manusia dalam mendukung produk yang Kamu jual. Pada bisnis jasa, pelayanan adalah nomor satu itu sebabnya karyawan disini memiliki peranan yang berbeda dan harus disesuaikan dengan jenis jasa. Misalnya pada unit bisnis sewa printer Anda membutuhkan sales, teknisi, dan telemarketing, semuanya harus diberikan pelatihan untuk memiliki sikap, cara berkomunikasi, penampilan dan kemampuan yang baik, karena karyawan bertemu langsung kepada customer sehingga dapat mempengaruhi persepsi customer.

Process: Apa saja pelayanan yang Anda siapkan, seberapa lengkap dan baik pelayanan yang Anda berikan atau sudah sesuaikah layanan Anda dengan keinginan customer?

Proses juga mengartikan bagaimana pelayanan setelah jasa atau produk terjual, cara berkomunikasi kepada customer, cara menanggapi komplain dari customer dan pengetahuan mengenai produk.

Physical Evidence: atau bukti fisik adalah strategi melalui bukti nyata seperti tempat yang nyaman, atribut karyawan dan lainnya.

Semua strategi penjualan jasa diatas bertujuan untuk Anda dapat memberikan yang terbaik kepada pelanggan, seperti Newton Office Print Solution yang terus berusaha memberikan yang terbaik pada setiap produk dan jasa untuk customer. Dengan menyediakan layanan menyeluruh pada semua urusan printer. Seperti sewa printer gratis, yang mendapatkan Free Maintenance Printer, Free Service Printer, Free Spareparts Printer, Free Backup Printer dan Read More….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
WhatsApp WhatsApp us