Tips
0

6 Masalah Umum Pada Mesin Fotokopi dan Cara Memperbaikinya

masalah mesin fotokopi

Masalah mesin fotokopi seringkali membuat anda kehilangan banyak waktu dan uang, lalu apakah anda tahu apa saja masalah umum yang sering terjadi pada mesin fotokopi anda dan bagaimana cara memperbaikinya? Simak tips dan trik berikut ini

Paper Jams 

Paper Jam adalah masalah umum yang sering dialami pada mesin fotokopi. Ini terjadi dikarenakan kebanyakan dari salah penempatan ukuran kertas. Masalah ini berawal dari mesin fotokopi yang menarik kertas secara tidak benar, yang menghasilkan kertas tersangkut. Akibatnya karyawan akan mengalami keterlambatan menyerahkan dokumen untuk kepentingan meeting atau mengejar deadline. Cara memperbaiki masalah tersebut membutuhkan satu orang untuk mengambil secara manual, atau mungkin membongkar printer untuk mengambil kertas yang tersangkut tersebut, lalu mengatur kembali kertas dengan ukuran yang benar. Paper Jams juga bisa dikarenakan karena debu, masalah ini bisa diatasi dengancara membersihkan atau menyedot debu yang ada didalam mesin fotokopi.

Hasil cetak bergaris

Ketika anda menyalin sebuah kertas yang berisi teks atau gambar, dan anda sudah mencapai batas dari kapasitas pencetakan, garis atau bentuk lain akan muncul pada kertas. Ini menjadi masalah tersendiri, ada beberapa alasan yang membuat ini terjadi dan cara menyelesaikannya mungkin juga sedikit rumit.

Beberapa kemungkinan dari masalah ini adalah :

  • Terdapat pecahan kaca atau cermin ditempat pemindai
  • Drum malfungsi
  • Drum-blade malfungsi yang menghasilkan garis besar di bawah halaman
  • Masalah pada sekering / sumbu

Masalah pertama dapat diselesaikan dengan cara membongkar mesin fotokopi dan membersihkan pemindainya dari pecahan kaca. Lihat petunjuk pemakaian pada produk anda untuk cara membersihkannya. Masalah lain dapat diselesaikan dengan cara mengganti sparepart yang membuat masalah tersebut. Silakan anda menghubungi customer service produk tersebut.

Masalah pada Cartridge atau Toner

Toner sedikit, kosong, atau malfungsi dan menjadi masalah untuk mesin fotokopi anda. Jika toner atau cartridge sedikit atau kosong, penggantian toner harusnya membereskan semuanya. Jika cartridge mengalami malfungsi, kemungkinannya ada dua, yaitu :

Error dari manufaktur, bawa bukti kualitas cetak dan cartridge nya ke tempat anda membeli agar segera dilakukan pergantian.

Toner Cartridge tidak sesuai /  tidak cocok, kebanyakan mesin fotokopi mengharuskan memakai toner yang spesifik, jika anda memakai toner yang tidak kompatibel, kualitas cetak anda akan jelek.

Kertas Kusut / Terlipat

Bayangkan jika anda sedang dikejar waktu dan anda langsung mencetak dengan menggunakan mesin, lalu kertas tersebut kusut /  terlipat, mungkin ini hanya masalah sepele tapi di perusahaan besar ini terlihat sangat tidak professional. Kertas kusut seringkali disebabkan oleh roller yang tersangkut atau macet. Namun, tempat kertas yang terlalu sering dipakai, kelembapan, dan rakitan fuser juga dapat menyebabkan halaman menjadi kusut. Jika tempat kertas benar-benar rusak, jangan gunakan. Untuk masalah tersebut, Anda dapat membeli penggantinya. Namun, memperbaiki rakitan fuser dan rol pengumpan memerlukan bantuan teknisi.

Hasil cetak terlalu terang atau terlalu gelap

Pada sebagian besar masalah, yang sering terjadi adalah masalah terang dan gelap pada halaman salinan yang disebabkan dari ketidakseimbangan dalam pengaturan brightness / contrass pada mesin fotokopi. Seseorang mungkin secara tidak sengaja mengubah pengaturan sebelumnya, membuat gambar yang disalin menjadi terlalu terang atau terlalu gelap. Dalam kasus ini, menyetel ulang pengaturan brightness / contrass adalah solusi terbaik. Namun, mungkin juga drum sudah mencapai akhir masa pakainya, atau toner di mesin sudah rusak. Beberapa toner bekas tidak sesuai dengan kode pabrikan dan dapat menyebabkan masalah kepadatan cahaya. Pergantian harus dilakukan dan harus dipasang

Bintik-bintik di Halaman

Seperti namanya, masalah mesin fotokopi ini terdiri dari noda titik-titik yang merusak hasil cetak yang sempurna. Jika Anda melihat titik-titik di tempat yang sama setiap saat, kemungkinan besar ada noda atau kotoran pada cermin atau kaca pemindai. Sekali lagi, ini dapat diatasi dengan membersihkan kaca dan cermin dengan benar. Jika anda menemukan bintik-bintik yang lebih acak secara berulang di seluruh dokumen bisa menjadi ada cacat pada drum. Mengganti drum harus memperbaiki masalah.

 

Tags: Tips

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Most Viewed Posts

Get our latest blog posts in your inbox

Menu
WhatsApp WhatsApp us