Cara menjalin hubungan kerja yang baik dengan rekan kerja

 

Sebagai makhluk sosial, kita diciptakan berdampingan dengan makhluk lainnya, terutama sesama manusia untuk dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, saling membangun dan bersinergi.
Dalam lingkungan tempat kerja, kita juga perlu menjalin hubungan yang baik dengan setiap orang, baik rekan kerja, atasan, dan juga bawahan sekalipun. Untuk menciptakan hubungan atau relasi yang baik dengan antar pegawai atau rekan kerja bisa tidaklah mudah. Sudah pasti di perusahaan ada satu atau dua pegawai yang punya sikap negatif kepada sesame rekan kerjanya. Alhasil sikap itu kadang mempengaruhi kinerja tim atau perusahaan pada umumnya. Bahkan bisa berakibat putusnya hubungan kerja (Resign).
Nah, Anda sebagai pegawai tentu ingin menjalin hubungan yang baik dengan semua rekan kerja. Karena adanya hubungan yang baik ini dapat memberikan kenyamanan bagi anda dalam bekerja. Berbeda jika ada rekan kerja yang menjadi tidak suka dengan sikap anda, pastinya itu sangat mengganggu sekali dan mempengaruhi kinerja anda di perusahaan.

Berikut beberapa tips untuk menjalin hubungan kerja yang baik dengan rekan kerja :

• Bersikap ramah dan selalu memberikan senyuman
Tebarkan senyuman dan biasakan untuk bersikap ramah kepada rekan kerja saat bertemu. Karna sapaan dan salam yang sederhana dapat menambah keakraban Anda dengan rekan kerja.
Jika Anda memasang wajah muram atau cemberut saat bertemu rekan kerja, akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman kepada rekan kerja dan suasana kerja menjadi tidak nyaman juga.

• Mengasah kemampuan berkomunikasi
Dalam menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja, komunikasi interpersonal sangat diperlukan, terutama dalam menerima pribadi dari rekan kerja Anda.
Komunikasi adalah sebuah soft skill yang sangat penting dalam menjalin hubungan dengan sesama. Soft skill ini tentu saja bisa dipelajari dan Anda bisa memiliki pengalaman dengan hal ini asalkan Anda berani untuk membuka diri dalam sebuah percakapan dan menjalin pertemanan.
Luangkan waktu Anda untuk sejenak bercengkrama dan membuka sebuah percakapan dengan rekan kerja Anda. Berikan senyuman yang hangat dan sapalah mereka dengan tulus sambil berusaha untuk mengasah kemampuan berkomunikasi Anda secara personal.

• Hormat dan menghormati tanpa pandang bulu
Di setiap perusahaan itu ada banyak pegawai dengan latar belakang yang berbeda. Ketika dalam bekerja tetaplah menghormati perbedaan itu dan jangan sampai menjadikan perbedaan itu untuk mengkotak-kotakan dalam hal kerja.
Misalnya, ada pegawai baru, tetap hargai apa yang ia kerjalan, kalaupun ada yang salah tidak perlu dimaki/disindir. Justru anda sebagai senior harus membantunya untuk bisa bekerja dengan baik.
Karna saling menghormati itu sangatlah penting untuk menciptakan hubungan yang baik dan harmonis antar pegawai.

• Menjaga privasi
Untuk menjaga sebuah privasi kadang suka kebablasan ketika sedang berkomunikasi dengan rekan kerja lainnya. Jangan sampai menyinggung masalah privasi kepada rekan kerja, apalagi sampai membicarakannya kepada rekan kerja lainnya. Jelas itu sangat tidak baik.
Berbeda jika Anda memang di minta untuk mendengarkan masalahnya dan membantunya. Tetapi ingat jangan sampai itu juga di bicarakan kepada rekan kerja lainnya, biarkan itu menjadi rahasia anda dan dia.

• Berkata jujur dan apa adanya
Dalam dunia kerja sudah pasti ada masalah dengan rekan kerja, tentunya yang berhubungan dengan kerjaan. Yang terpenting adalah selalu jujur kepada rekan kerja. Kalau ada masalah atau sekedar komunikasi biasa, tetap jujur dan bicara apa adanya.
Karna ketika Anda ketahuan tidak jujur, maka itu akan membuat rekan kerja tidak alan lagi percaya kepada Anda, apalagi untuk memberikan Anda tugas-tugas kantor, Pasti rekan kerja akan pesimis dan tidak akan mempercayai Anda lagi.

• Miliki inisiatif untuk menolong
Inisiatif merupakan sebuah tindakan yang sangat disenangi ketimbang sebuah sikap yang pasif dan menunggu orang lain melakukan terlebih dahulu. Inisiatif untuk menolong bisa menjadi salah satu cara untuk dapat menjalin hubungan baik dengan rekan kerja Anda di kantor. Miliki inisiatif ketika rekan kerja Anda sedang membutuhkan bantuan Anda, tentunya tanpa ada rasa pamrih atau ingin dibalas.
Lakukan dengan tulus inisiatif Anda untuk menolong mereka, bukan karena basa basi dan memberikan sebuah harapan palsu.

Misalnya ketika menolong mereka saat ada deadline kerja hampir tiba, ini juga bisa membuat sebuah pengalaman yang tak terlupakan bagi mereka atas kebaikan yang Anda berikan.
Kebaikan yang diberikan pada saat yang tepat (ketika orang benar-benar membutuhkan) akan membuat momen itu sangat diingat dan tak terlupakan.

Tahukah Anda bahwa ketika Anda memberikan bantuan kecil seperti infomasi yang sangat berguna dan itu sangat membantu sekali untuk rekan kerja Anda, berikan informasi mengenai FREE CHECK UP PRINTER atau FREE TRIAL untuk memperlancar segala urusan dokumen penting kantor anda agar tidak terjadi keterlambatan saat deadline tiba.

Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi Print Consultant kami di www.newton.co.id atau anda ingin melakukan FREE CHECK UP PRINTER kantor secara GRATIS tanpa dipungut biaya apapun, bisa langsung klik gambar dibawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
WhatsApp WhatsApp us