Pilkada tahun 2018 yang akan diikuti oleh 171 Daerah, terdiri dari 17 Provinsi, 39 Kota dan 115 Kabupaten akan berlangsung pada bulan Juni. Saat ini masing-masing instansi daerah sedang mempersiapkannya, salah satu yang dipersiapkan adalah surat suara.

Seperti yang kita ketahui, surat suara untuk Pilkada merupakan bagian penting dalam berlangsungnya pesta demokrasi ini. Bahkan saking pentingnya proses pencetakannya pun melibatkan polisi.

Perusahaan yang akan mencetak juga diseleksi oleh KPU dengan persyaratan memenuhi kualifikasi yang diberikan.

Lalu perusahaan printing seperti apa sih yang dipercaya untuk mencetak surat suara ?

 

Perusahaan pencetak surat suara untuk Pilkada harus secure printing.

Pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2017, surat suara di cetak oleh PT Gramedia Printing.

Lalu apa itu secure printing? Untuk mengetahui lebih detail Anda bisa melihat di artikel sebelumnya pada link https://newton.co.id/print-management-system/

Setiap tahunnya keamanan mencetak surat suara untuk Pilkada selalu ditingkatkan, untuk menghindari adanya pemalsuan proses cetak dilakukan dengan pengamanan secara ketat. Nah tahukah kamu bentuk pengamanan apa yang dilakukan KPU dalam memilih tempat pencetakan?

1. Bersertifikat BIN

Pemilihan perusahaan pencetak untuk Pilkada tentunya harus memiliki sertifikat dari BIN (Badan Intelijen Negara) karena mencetak dokumen penting yang sifatnya rahasia.

2. Penjagaan oleh polisi

Keberadaan polisi yang menjaga tempat pencetakan dilakukan secara bergantian selama 24 jam.

3. Identitas khusus

Seseorang yang ingin masuk ke tempat cetak harus memiliki identitas yang telah disetujui, misalnya seperti taping ID card, password tertentu, dan lainnya. Sebagai bentuk antisipasi masuknya orang-orang yang tidak berkepentingan dalam melakukan print surat suara.

4. Fitur keamanan printer

Keamanan yang dilakukan bukan hanya pada pekerja namun juga pada mesin printer yang juga dilengkapi keamanan.

Dengan menggunakan printer yang memiliki fitur keamanan atau yang biasa disebut secure printing, percetakan menggunakan tinta / toner khusus untuk mencetak surat suara, bisa bayangkan kira-kira berapa harga toner tersebut ya?

Oke kembali ke topik, untuk printer sendiri memiliki fitur keamanan output menggunakan kartu akses khusus atau berupa login dan password, yang berbeda pada masing-masing user untuk menghindari orang yang tidak memiliki akses untuk melakukan cetak.

Nah teknologi secure printing ini sudah sejak lama digunakan oleh beberapa perusahaan printing, lembaga pemerintahan dan bahkan perusahaan besar lainnya yang ingin menjaga keamanan dokumen penting perusahaan.

Bagaimana menurut Anda? Seberapa pentingkah teknologi secure printing oleh suatu perusahaan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
WhatsApp WhatsApp us