Pembatalan Garansi Printer Jika Menggunakan Toner non OEM?

 

Hello Partners, sebagai karyawan pasti kamu sudah tidak asing lagi kan dengan benda yang bernama toner cartridge dan printer? Alat operasional kantor tersebut pasti sering Anda gunakan setiap harinya.

Bagai api dengan asap, toner cartridge dan printer jadi dua benda yang tidak bisa dipisahkan.

 

Dari sekian banyaknya pembahasan soal toner, pasti kamu pernah mendengar pernyataan bahwa “perusahaan berhak melakukan pembatalan garansi printer jika menggunakan toner non OEM (Remanufactured atau Compatible)”.

 

Pembatalan garansi printer sebenarnya masalah ini tidak hanya terjadi di Indonesia dan telah lebih dulu ramai di negara lain. Hingga akhirnya membuat pemerintah ikut turun tangan, alhasil Uni Eropa dan beberapa undang-undang perdagangan adil Amerika mengesahkan peraturan yang menyebutkan bahwa “Perusahaan OEM tidak boleh melakukan pembatalan garansi printer hanya karena menggunakan toner cartridge refill, compatible dan jenis toner cartridge non OEM lainnya”

Dan mengutip pernyataan di tempo . co dari Market Development Manager PT Hewlett-Packard Indonesia, yang mengatakan “tinta palsu akan merusak cartridge dan menyebabkan garansi printer tidak berlaku”

Nah yang harus dikhawatirkan dari konsumen saat ini adalah keberadaan toner cartridge palsu yang semakin marak di pasaran, toner palsu ini menggunakan salah satu merek dagang dan packaging.

 

Benang merahnya, jika Anda mendengar suatu isu, jangan mudah percaya ya Partners.
Sebaiknya yang Anda lakukan adalah crosscheck data dan fakta ke sumber yang valid.

Kualitas Toner Non OEM

Partners, jika kamu bertanya-tanya mengenai kualitas toner cartridge remanufactured atau compatible, tidak perlu khawatir.

Baik di dalam maupun di luar negeri sudah banyak penelitian dan uji coba kualitas yang dilakukan oleh individu maupun perusahaan.

Uji coba tersebut menunjukkan hasil kualitas toner remanufaktur atau compatible yang setara dengan OEM.

Percaya tidak percaya nih Partners, tapi begitulah faktanya.

Penelitian tersebut juga telah dilakukan oleh Newton dan Anda dapat melihatnya di sini

Ingat Partners, tetap berhati-hati dalam memilih toner non OEM, jangan mudah terbuai dengan harganya yang murah, karena bisa jadi kerepotan yang akan Anda dapatkan.

 

Kalau selama ini Anda menggunakan jenis toner apa nih, Partners? Refill, Recondition, Remanufaktur atau Compatible?
Share pengalaman kamu di kolom komentar yaa.

 

 

­

Baca juga:
Toner Cartridge Remanufactured atau Compatible dapat Merusak Printer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
WhatsApp WhatsApp us