General
0

Printer Pertama Kali Bukan ditemukan di Eropa, Begini Sejarah Printer yang Sebenarnya

penemu printer

Jika Anda mengenal Johannes Gutenberg sebagai penemu printer pertama, jawabannya adalah kurang tepat. Karena ternyata sekitar tahun 175 Cina dan Korea telah lebih dulu melakukan aktivitas cetak mencetak.

Pada saat itu, mesin printer berukuran sangat besar dan pengoperasiannya masih menggun

akan tenaga manusia yang banyak. Perkembangan printer kemudian dilanjutkan oleh Eropa, dimana saat itu Johannes Gutenberg mengembangkan mesin cetak yang lebih cepat dan efisien pada sekitar tahun 1468 hingga tahun 1938.

Nah penasaran kan sama mesin printer yang dibuat oleh Johannes Gutenberg? Printer ini ada di Museum Alur Print Shop Featherbed Alley di Bermuda, namun printer ini hanya replikanya saja.

Mesin Printer dari kayu ini, digambarkan pada 1568. Mesin cetak ini dapat menghasilkan hingga 240 tayangan per jam. Angka tersebut sudah sangat cepat untuk mesin printer pada tahun tersebut, Jadi tidak heran kan guys, kalau nama Johannes Gutenberg ini sangat dikenal dalam perkembangan mesin cetak, karena inovasinya ini membuat kontribusi besar pada pencetakan buku-buku saat itu.

Sejak saat itu, printer terus berkembang hingga kini memiliki banyak jenis, salah satu inovasi printer yang paling terkenal adalah printer Dot Matrix, Ink Jet dan LaserJet

Printer jenis Dot Matrix ini dapat mencetak data, laporan penjualan serta beberapa dokumen lainnya, dengan menggunakan kertas karbon ataupun continous form.

Kemudian Printer Laserjet, yang hingga kini masih terus berkembang, nah dibawah ini merupakan printer Laserjet HP Pertama.

Printer HP LaserJet MFP 5035

Printer HP Laserjet Enterprise M4555 MFP

Printer CANON Laser LBP6030

Saat ini sprinter yang paling banyak digunakan dan selalu berkembang adalah jenis InkJet dan LaserJet, printer tipe ini memiliki fungsi cetak yang hampir sama, menggunakan tinta 4 pilihan warna yaitu CMYK (cyanmagentayellow, and black) dua printer ini dapat mencetak dokumen berwarna seperti mencetak image, brosur, proposal maupun dokumen warna lainnya namun yang membedakannya terdapat pada keunggulan dan kelemahan. Satu hal lagi yang membedakannya keduanya adalah printer LaserJet menggunakan toner serbuk, jadi hasil cetaknya memiliki warna lebih pekat dan kecepatan mencetak yang tinggi karena printer ini difungsikan untuk di kantor.

Pada gambar printer diatas merupakan 3 printer jenis LaserJet yang saat ini banyak diminati, jika Anda ingin melihat spesifikasi pada masing-masing printer tersebut silakan klik disini (link)

Tags: General

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Most Viewed Posts

Get our latest blog posts in your inbox

Menu
WhatsApp WhatsApp us